Senin, 26 Februari 2018

Kopi, Si hitam yang Tak Hanya Nikmat Tapi juga Bermamfaat

Mamfaat-kopi

<a href="http://www.freepik.com">Designed by Freepik</a>


Kopi, tak hanya nikmat tapi juga bermamfaat

Apakah anda seorang “penggila” kopi yang rasanya hari-hari anda erasa beda jika belum minum kopi? Ataukah anda seorang “penikmat” kopi sejati yang bagi anda hidup taklengkap tanpa kopi? Siapapun anda, bagi anda yang suka minum kopi, kelirunesia akan coba mengulas tentang bahaya dan mamfaat minum kopi. Ingat! Jika pun kopi berbahaya bagi kesehatan, kopi akan berbahaya jika diminum. Jika tidak diminum tentu tidak berbahaya.

Kopi dipercaya memiliki beberapa khasiat tertentu yang baik bagi tubuh. Selain rasanya yang nikmat, kopi juga bagi sebagian penggemarnya dipercaya dapat mendongkrak stamina mereka. Namun di balik itu semua, kopi memiliki nutrisi seperti berikut :

  • Riboflavin (vitamin b2): 11% dari akg.
  • Asam pantotenat (vitamin b5): 6% dari akg.
  • Mangan dan kalium: 3% dari akg.
  • Magnesium dan niacin (b3): 2% dari akg

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut kami tuturkan untuk anda mamfaat kopi untuk tubuh anda.

Meningkatkan stamina

Kopi mampu memperkuat daya tahan tubuh dalam menghadapi aktivitas sehari-hari. Kopi memiliki kandungan zat kafein yang tinggi. Adenosin dalam tubuh bekerja sebagai sel yang menyebabkan rasa ingin tidur terhadap otak. Kafein dalam kopi mempengaruhi kinerja sel dan menjadikan pergerakannya lebih lambat.  Sehingga membuat perasaan segar lebih lama. Penggunaan zat kafein dalam dosis rendah mampu memberikan efek peningkatan stamina dan membantu menurunkan rasa sakit. Dengan kata lain kopi bisa mengurangi (memperlambat) rasa kantuk. Itulah kenapa bagi sebagian penikmat kopi, kopi adalah jawaban bagi mereka yang merasa ngantuk namun ingin tetap terjaga/melek. Dengan secangkir kopi rasangantuk pun bisa hilang seketika.

Mencegah kanker serta mengurangi resiko diabetes

Antioksidan pada kopi membantu menekan resiko gejala kanker pada tubuh. Penelitian di jepang pada sejumlah wanita yang mengkonsumsi kopi 2 kali sehari, resiko terjadinya kanker usus besar menurun sebesar 25%. Dengan catatan 2 kali sehari. Yang artinya tidak terlalu banyak/berlebihan mengkonsumsi kopi. Karena jika berlebihan dalam mengkonsumsi kopi tersebut tentu akan memberikan efek buruk bagi tubuh kita. Pada sebuah studi yang dilakukan, menemukan bahwa minum kopi memiliki kecendrungan untuk menurunkan resiko diabetes tipe 2. Penghambatan penyerapan gula dapat dilakukan dengan mengkonsumsi kopi. Kandungan zat asam klorogenat mambantu kinerja hal ini pada peningkatan pembentukan insulin. Para ahli telah membuktikan penyakit diabetes yang terjadi pada seseorang, dapat diturunkan sebesar 50% berkat manfaat kopi. Dengan catatan minum kopi dengan tidak berlebihan tentunya.

Menjaga kesehatan mulut

Kopi memiliki sifat anti bakteri yang baik bagi kebersihan mulut. Hal ini dapat membantu penyembuhan gigi berlubang, plak dan infeksi gusi. Tentu saja berpeluang besar untuk menekan resiko kanker mulut.

Mengurangi resiko penyakit alzheimer dan demensia

Disinyalir manfaat kopi untuk pencegahan penyakit parkinson ini karena adanya kandungan kafein di dalam kopi. Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang kebanyakan menyerang orang yang telah berusia 65 tahun ke atas. Kopi telah teruji dapat meningkatkan perlindungan terhadap penyakit yang berhubungan dengan degradasi fungsi saraf.

Mencegah Parkinson

Selain alzheimer, parkinson merupakan salah satu penyakit yang paling populer yang penyebabnya adalah degradasi fungsi saraf dalam tubuh manusia. Penyakin Parkinson merupakan sebuah penyakit yang membuat penderitanya mengalami penurunan kemampuan saraf. Konsumsi kopi secara rutin dapat meningkatkan perlindungan terhadap penyakit parkinson. Beberapa penelitian menemukan kesimpulan bahwa peminum kopi memiliki resiko Parkinson yang lebih rendah, bakan mengalami penurunan resiko hingga 50%.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh dan Menurunkan Berat Badan

Peneliti menyatakan bahwa manfaat kopi ini terlihat secara signifikan pada orang yang memiliki berat badan tidak obesitas. Adapun orang yang gemuk akan mendapatkan manfaat minum kopi berupa membantu penurunan kadar lemak di dalam tubuh, karena metabolisme tubuh yang meningkat. Dengan begitu, minum kopi dapat membantu menurunkan berat badan bagi mereka yang mengalami obesitas. Dalam jangka pendek, kafein dalam kopi dapat meningkatkan tingkat metabolisme tubuh, serta meningkatkan pembakaran lemak.

Membantu Menurunkan Resiko Stroke

Perlu anda ketahui bahwa kandungan kafein dalam kopi bisa meningkatkan tekanan darah. Hal ini benar, namum dampak peningkatan darah sangat kecil (sekitar 3-4 mm/Hg).
Oleh karena itu, kopi tidak mengkhawatirkan jika mengkonsumsi kopi bisa menyebabkan hipertensi, hanya saja bagi penderita tekanan darah tinggi perlu berhati-hati dengan kopi, dengan kata lain harus membatasi konsumsi kopi dan kafein secara umum.

Itulah beberapa mamfaat kopi yang bisa kita dapat ketika kita rutin mengkonsumsi kopi. Dua cangkir kopi hangat setiap hari sudah cukup untuk tubuh kita. Jadi jangan berlebihan dalam mengkonsumsi kopi jika kita ingin memdapat mamfaat dari kopi tersebut. Bagai mana? Sudahkah anda minum kopi hari ini?



Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar