Senin, 10 Agustus 2020

Bijak bermedia sosial





Pada era digital seperti sekarang, tidak bisa dipungkiri bahwa kehidupan kita ttak bisa terlepas dari media sosial. Yang mana hadirnya gawai-gawai pintar menjadi lahan subur bagi berkembang nya berbagai media sosial diranah maya. Sebut saja FacebookInstagramTwitterWhatsappYoutube dan lain-lain meramaikan duniaa maya dengan keunikan serta ke khasannya masing-masing.

Namun, hadirnya media sosial tersebut menjadi pisau bermata dua. Bila kita kurang bijak dalam menggunakan nya, tentu kerugian lah yang akan kita dapati.
Berbagai kasus yang menyeret pelakunya sampai ke meja hijau bahkan beberapa sampai harus menjalani masa tahanan dikarenakan terjerat UU ITE. Sebut saja kasus Prita MulyasariBaiq Nuril MakmunAhmad Dhani dll.

Selain jeratan hukum, media sosial juga bisa memicu berbagai hal, dari mulai perkelahian jalanan, tawuran antar kampung, perundungan, masalah rumah tangga hingga penipuan dan lain sebagainya. Untuk itu lah, kita harus bisa memilah dan memilih, bersikap hati-hati dalam menggunakan media sosial tersebut.

Tips menggunakan media sosial dengan bijak dan tetap aman
  • Berfikir sebelum mengunggah
Berhati-hatilah sebelum mengunggah, pastikan anda dalam kondisi berfikiraan jernih ketika hendak mengunggah sesuatu. Fahami resiko yang mungkin ditimbulkan dari unggahan/postingan anda. Apakah nantinya akan ada pihak lain yang mungkin merasa dirugikan ataukah tidak.
  • Tetap menggunakan akal sehat dan redam emosi
Emosi disini berperan penting. Jadi usahakan jauhi media sosial ketika anda dalam keadaan sedang emosi. 
  • Tetap jaga etika
Bagaimanapun juga, media sosial atau pun dunia maya tetap lah bagian dari kehidupan kita. Etika kita di media sosial mau tidak mau akan berdampak juga pada kehidupan kita di dunia nyata. Apa yang anda unggah/posting, akan berdampak pada diri sendiri di dunia nyata.
  • Biasakan mencari kebenaran dari suatu berita/postingan sebelum anda berkomentar atau pun membagikan postingan tersebut.
 Tentu anda tidak mau menyebarkan hoax bukan? Maka dari itu cari tahu terlebih dahulu kebenaran nya. Gunakan mesin pencari (search engine seperti GoogleBingYandex dll) untuk memastikan kebenaran dari berita tersebut. Jadilah penyebar berita kebenaran.


Itulah beberapa tips yang bisa anda terapkan dalam bermedia sosial. 



Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar